Ubud Monkey Forest ~ Hutan Monyet di Daerah Gianyar

Selain daerah kuta yang cukup terkenal di kalangan wisatawan, Bali memiliki daerah lin yang tak kalah populernya yaitu Ubud, terutama terkenal akan seni, alam, dan budayanya. Nah tahukah Anda, bahwa di Ubud ada objek wisata yang di beri nama Ubud Monkey Forest. Dari namanya saja sudah tahu bahwa objek wisata ini adalah sebuah hutan yang dihuni para monyet.

Ubud Monkey Forest

Foto Ubud Monkey Forest | Sumber Gambar instagram.com/@@thebalinut

Tentang Ubud Monkey Forest

Objek wisata monkey forest Ubud Bali, berada di Jalan Monkey Forest, kabupaten Gianyar Bali.  Kira-kira memerlukan waktu sekita 1 jam dari daerah kuta dan bandara untuk mencapai lokasi dari Ubud Monkey Forest.

Ubud Monkey Forest merupakan objek wisata hutan yang menjadi rumah dari sekitar 340 ekor monyet dengan jenis kera ekor panjang. Bagi Anda yang sedang berlibur di Bali tidak ada salahnya untuk mengunjungi Ubud Monkey Forest untuk mengurangi rasa penat.

Ubud Monkey Forest luasnya sekitar 27 hektar dan memiliki sekitar 115 jenis pohon. Di dalam hutan ini juga terdapat tiga pura besar, pura-pura tersebut diantaranya adalah Pura Dalem Agung yang berada di tengah hutan merupakan hutan tempat hidup kera. Pura Beji yang terdiri dari tiga pura yakni Pura Utama Mandala yang dikenal sebagai pura pemandian para dewa, Pura Madia mandala yakni pura yang memiliki sebuah kolam suci serta Puri Nista mandala yang merupakan tempat pemandian umum.

Tips Berkunjung ke Ubud Monkey Forest

Monkey Forest Ubud

Foto Monkey Forest Ubud | Sumber Gambar instagram.com/@rickgoebel

Berikut ada beberapa tips untuk Anda yang sudah memiliki rencana untuk mengunjungi Ubud Monkey Forest.

  • Simpanlah barang berharga Anda di dalam tas. Jika ingin untuk foto-foto, pastikan kamera Anda dipegang dengan erat.
  • Berjalanlah di jalan yang sudah disediakan, jangan berjalan di luar areal terebut. Nanti para monyet malah agresif terhadap Anda.
  • Jangan melakukan hal yang tidak-tidak terhadap monyet disini, misalnya seperti memukul dan menyakitinya.
  • Jika memang bisa, lebih baik Anda mengunjungi Ubud Monkey Forest sekitar jam 2 sore dikarenakan para monyet disini sudah kenyang maka mereka tidak akan terlalu agresif dan nakal.

Nah itulah sedikit ulasan kami tentang Ubud Monkey Forest, semoga bisa menambah wawasan Anda tentang objek wisata di Bali khususnya di Ubud untuk kali ini. Terimakasih

Share