Sangeh ~ Objek Wisata Dengan Melihat Monyet

Selain Ubud Monkey Forest yang begitu populer, Bali juga memiliki hutan monyet lainnya namun tentu tidak sepopuler Ubud Monkey Forest. Nama objek wisata tersebut adalah Sangeh. Iya sudah pernah dengar tentang sangeh?

Objek Wisata Sangeh

Tentang Sangeh

Sangeh terletak di desa Sangeh kecamatan Abiansemal, kabupaten Badung. Jika ingin mengunjungi objek wisata ini Anda membutuhkan waktu sekitar 45 menit jika berangkat dari Denpasar sedangkan dari kuta kemungkina sampai 1 jam atau lebih untuk sampai di objek wisata ini.

Di dalam hutan sangeh terdapat pura yang bernama Pura Bukit Sari. Pura ini di bangun oleh kerajaan Mengwi pada abad ke-17. Namun sekarang pura ini di serahkan dan dikelola oleh masyarakat setempat.

Di penghujung jalan hutan Sangeh ini, terdapat sebuah pohon pala raksasa yang dikeramatkan oleh umat setempat. Pohon ini bernama Pohon Lanang Wadon yang artinya pohon laki-perempuan. Nama itu di ambil dikarenakan pohon ini mempunyai keunikan yaitu pohon pala ini berbentuk seperti kelamin pria dan wanita yang saling bersebelahan.

Pohon Lanang Wadon

Sejarah Sangeh

Menurut legenda, adanya Pura Bukit Sari yang didirikan di tengah hutan ini diceritakan secara mitologis dalam Lontar Babad Mengwi. Diceritakan putri Ida Batara di Gunung Agung berkeinginan untuk disungsung di Kerajaan Mengwi. Maka dari itu hutan pala yang ada di Gunung Agung tempat putri Ida Batara Gunung Agung berstana kemudian pindah secara misterius pada malam harinya. Pohon pala itu tidaklah di angkut oleh penduduk ataupun dengan alat transportasi lainnya namun konon katanya berjalan sendirinya.

Namun saat perjalanan baru sampai di sangeh, kemudian ada penduduk yang melihatnya, sehingga ini menyebabkan pohon pala tersebut tidak berjalan kembali menuju Mengwi dan berhenti di Desa Sangeh sampai sekarang. Konon putra angkat Raja Mengwi yang pertama I Gusti Agung Putu yang bergelar Cokorda Sakti Blambangan menemukan bekas bangunan pelinggih di daerah tersebut.

Baca Juga : Waterboom Bukit Jati Gianyar

Atas penemuan tersebut Cokorda Sakti Blambangan memerintahkan untuk membangun kembali pura tersebut dan diberi nama Pura Bukit Sari. Yang dipuja di pura tersebut adalah Ida Batara Gunung Agung dan Batara Melanting. Pura Besakih di lereng Gunung Agung itu tergolong Pura Purusa atau sebagai jiwa dari Pulau Bali.

Pura Bukit Sari

Nah itulah sedikit informasi tentang objek wisata Sangeh? berminat untuk mengunjunginya? Silahkan segera ya. Terimakasih.

Share