Goa Gajah ~ Objek Wisata Sejarah

Objek Wisata Goa Gajah (Elephant Cave) terletak di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar – Bali. Sekitar 35 Km kalau ditempuh dari kota Denpasar, butuh waktu sekitar 1 jam dari Kuta, persisnya terletak di jalan menuju Istana Tampak Siring. Objek wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Penyebab banyaknya wisatawan mengunjungi tempat ini dikarenakan terdapat banyak benda – benda peninggalan purbakala yang memiliki nuansa unik dan tentu bersifat sakral.

pintu-goa-gajah

Foto Goa Gajah | Sumber Gambar instagram.com/@weirdmasakazu

Sejarah Goa Gajah

Sebelumnya di areal objek wisata sejarah ini hanyalah lokasi pertanian. Ketika tahun 1952 seorang peneliti berkebangsaan Belanda Cris Jman menemukan mulut Goa yang masih tertimbun tanah. Ketika dilakukan penelusuran ditemukanlah berbagai arca Siwa seperti Shivalingga dan area Ganesha.

Baca Juga : Objek Wisata Tirta Gangga

Mulut dari Goa Gajah tersebut menyimbolkan sebuah gunung sedangkan di luar sekitar mulut goa tersebut menggambarkan, kera, babi dan ular sebagai simbol hutan.

peninggalan-goa-gajah

Foto Bagian – Bagian Yang Terlepas dari Situs Goa Gajah | Sumber Gambar instagram.com/@limzyiemaie

Saat memasuki tempat yang terkenal dengan peninggalan sejarahnya ini, terdapat tulisan prasasti berbunyi “Kumon Sari Wangsa”. Mengacu penelusuran arkeologi, aksara tersebut diperkirakan berasal dari abad ke-11. Dengan bukti – bukti autentik tersebut, dapat dipastikan Goa Gajah ini sudah ada sejak abad tersebut.

Diprediksi memang ada keterkaitan antara Goa Gajah dengan situs – situs di Jawa Tengah. Apalagi dalam peninggalan naskah Negara Kertagama menyatakan di Bali ada dua tempat penting yaitu Bedahulu dan Goa Gajah. Sementara peninggalan corak Buddha di Goa Gajah, diperkirakan para ahli lebih awal. Bahkan ada sekitar abad ke-8 masehi. Keberadaanya se-zaman dengan candi Borobudur di Jawa Tengah.

Arca Buddha tersebut bentuknya sama dengan arca yang ada di Borobudur. Kesamaannya itu diprediksi pada era kejayaan Raja Sailendra. Hal itu dipertegas pada abad ke-8, pernah terjadi pertukaran pelajar atau pematung. Karena itu ciri – ciri, bentuk, dan wujud patung Buddha itu identik

Yang Ada di Goa Gajah

Pura ini dibagi menjadi tiga bagian. Ada bangunan – bangunan suci Hindu yang amat tua sekitar tahun 10 masehi. Ada bangunan suci Hindu berupa palinggih – palinggih yang dibangun sekitar abad ke-11. Ketika kita hendak masuk goa, di sebelah kiri dan kanan akan menemukan ceruk. Ceruk itu diperkirakan sebagai tempat bersemedi. Didalam goa sendiri berbentuk letter “T”. Secara total terdapat lima belas ceruk di sekitar goa gajah tersebut.

Diceruk bagian timur goa, terdapat tiga Shivalingga besar berjejer diatas satu lapik. Sedangkan dibagian baratnya terdapat arca Ganesha. Jadinya dibagian hulu atau keluwan goa ada tiga Shivalingga sebagai symbol mahadewa atau Sang Hyang Tri Purusha. Sedangkan dibagian teben adalah arca Ganesha yaitu putra Shiwa, dala sistem pantheon Hindu. Karena adanya arca Ganesha inilah, goa ini bernama Goa Gajah.

patung-goa-gajah

Foto Pancuran di Goa Gajah | Sumber Gambar instagram.com/@limzyiemaie

Tepat di depan goa terdapat arca Pancuran dalam sebuah kolam permandian sakral. Kolam ini sebelumnya tertimbun tanah dan kembali digali tahun 1954. Dipermandian itu terdapat arca Widyadara dan Widyadhari, Arca pancuran ini ada enam buah. Tiga arca berjejer di bagian utara dan lagi tiganya di bagian selatan. Arca bidadari ini diletakkan di atas lapik teratai atau Padma. Diprediksi tempat pemandian ini dahulu dijadikan tempat membersihkan diri oleh para petapa, sebelum melakukan meditasi di ceruk goa.

Baca Juga : Wahana Bermain Waterboom Bukit Jati

Ditengahnya ada arca laki simbol Widyadhara. Enam arca Widyadhara ini mengalirkan air dari pusat arca dan ada yang dari susu arca. Setelah ditelusuri air ini berasal dari sumber mata air yang ada disebelah selatan kawasan goa gajah, kemudian dialirkan melalui batu paras berlubang hingga ke kolam ini.

Untuk yang penasaran silahkan langsung saja mengunjungi Objek Wisata Goa Gajah ya. Semoga Liburan di Balinya menyenangkan.

Share